*
baco dulu cik..
HUKUM, PENDIDIKAN

Guru Besar Universitas Bengkulu Lakukan Plagiat

Kabar Tobo Kito – Guru besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu berinisial R, ketahuan plagiat. Terkait hal tersebut, Rektor Unib yang juga Profesor Ilmu Pertanian Zainal Mukhtamar, Ph. D mengaku telah menindaklanjutinya dan melaporkannya kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Tinggal menunggu sanksi yang akan diberikan oleh Menteri,” ujar Zainal, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Plagiat, Guru Besar Unib Tunggu Sanksi Menteri “, Jumat (27/4/2012, halaman 13).

Menurut Zainal, plagiat yang dilakukan R tegolong bukan berat. R bukan mengakui karya ilmiah orang lain sebagai karya ilmiahnya. Melainkan R hanya mengutip sebagian materi yang dituliskan pada modul atau semacam panduan yang dikeluarkan Departemen Pendidikan dan Nasional tanpa menyebutkan sumbernya. “Mengutip, tapi tidak menyebutkan referensinya. Secara moral, yang bersangkutan sudah bisa dikatakan telah disanksi,” kata Zainal.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi Bab VI Sanksi. Pasal 2 menyatakan, sanksi bagi dosen/peneliti/tenaga kependidikan yang terbukti melakukan sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 11 ayat (6), secara berurutan dari yang paling ringan sampai dengan yang paling berat, terdiri atas:a. teguran; b. peringatan tertulis; c. penundaan pemberian hak dosen/peneliti/tenaga kependidikan; d. pencabutan hak untuk diusulkan sebagai guru besar/profesor/ahli peneliti utama bagi yang memenuhi syarat; e. pemberhentian dengan hormat dari status sebagai dosen/peneliti/tenaga kependidikan; f. pemberhentian dengan tidak hormat dari status dosen/peneliti/tenaga kependidikan; atau g. pembatalan ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi bersangkutan.

Lalu, pasal 3 menyatakan apabila dosen/peneliti/tenaga kependidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf f, huruf g, dan huruf h menyandang sebutan guru besar/profesor/ahli peneliti utama, maka dosen/peneliti/tenaga kependidikan tersebut dijatuhi sanksi tambahan berupa pemberhentian dari jabatan guru besar/profesor/ahli peneliti utama oleh menteri atau pejabat yang berwenang atas usul perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau atas usul perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: