*
baco dulu cik..
HUKUM, KORUPSI, PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN

Kadis PU Seluma dan Pengusaha Terbukti Sogok Anggota DPRD

Kabar Tobo Kito – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Seluma Erwin Paman dan Direktur Operasioan PT Puguk Sakti Permai Ali Amra terbukti secara sah dan meyakinkan menyogok DPRD Seluma demi meloloskan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Seluma Tahun 2010, tentang pengikatan dana anggaran pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang dibiayai dengan APBD tahun jamak (multiyears). Karena itu, Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis Erwin dan Ali dengan hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsidair tiga bulan kurungan. 

“Menjatuhkan hukuman oleh karenanya dengan hukuman penjara masing-masing empat tahun. Agar terdakwa satu (Erwin) dan terdakwa dua (Ali) membayar denda Rp 150 juta. Jika denda tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama tiga bulan,” kata ketua majelis hakim Sudjatmiko saat membacakan putusan dilansir www.jpnn.com dalam “Sogok DPRD, Pengusaha dan Kadis PU Seluma Dihukum 4 Tahun Penjara”, Kamis (30/8/ 2012 , 14:14:00) (http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=138104). 

Sebelum putusan dibacakan, anggota majelis hakim, Mien Trisnawati menguraikan, kedua terdakwa bersama Bupati Seluma Murman Effendi selama periode 25 Maret hingga 12 April 2010 memberi cek BCA masing-masing senilai Rp 100 juta dan uang tunai antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta kepada 27 anggota DPRD Seluma. Uang yang diberikan ke DPRD Seluma itu berasal dari PT PSP yang menjadi rekanan Pemda Seluma sebagai kontraktor proyek jalan hotmix dengan nilai kontrak Rp 338,57 miliar. 

Selanjutnya, Ali pula yang menyerahkan uang ke DPRD Seluma. “Perbuatan-perbuatan kedua terdakwa tersebut masih dalam satu kehendak para terdakwa dan mantan Bupati Seluma Murman Effendi,” tutur Mien. Hal yang dianggap memberatkan putusan, karena kedua terdakwa dianggap tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, keduanya juga dianggap tak merasa bersalah maupun menyesali perbuatan yang dilakukan. 

Atas putusan itu, Erwin mengajukan banding. “Kami langsung banding, Yang Mulia,” kata Firma Uli Silalahi yang menjadi penasihat hukum Erwin. Menurut Uli,  kliennya tak pernah terlibat dalam pembahasan Perda Nomor 12 Tahun 2010 tentang pengikatan dana proyek infrastruktur dengan biaya APBD tahun jamak. 

Selain itu, Uli mengatakan, kliennya tak kuasa meladeni permintaan DPRD Seluma yang cenderung memaksa. “Pemberian uang dilakukan spontan, tidak ada kaitan dengan perda. Permintaan anggota DPRD itu (pemberian uang), dan hanya 14 orang, bukan 27 orang,” kata Uli. Sedangkan Ali masih pikir-pikir. (**) 

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

2 thoughts on “Kadis PU Seluma dan Pengusaha Terbukti Sogok Anggota DPRD

  1. Jadi yang mana yg benar ni, msang terdaqwa ga mengakui,ya, kita tunggu banding ajo, dan masalah penerima suap mungkin jd pusing jg bgm mana nasibnya. smga masalah ini cpt selesai dan pembangunan kab seluma bs berlanjut dg baik. amin

    Posted by Zaidan Jauhari | 31 Agustus 2012, 2:04 pm
    • Saya sebagai putra daerah bengkulu perhatian sekali dengan kondisi jalan khusus di daerah bengkulu utara dan bengkulu tengah selaku putra daerah ingin meyampai sesuatu yg bermemfaat buat bengkulu memang saya sekeluarga tidak tingal di bengkulu saya tingal di jakarta cuma saya terpangil hidup ini sekali jdi berbuat yang terbaik dan berfaat buat saudara kita yg tertingal di pedalaman jadi sadarlah diri hindari diri dari suap dan jangan suap dan barpikir yg sehat

      Posted by darman tun jang | 25 Januari 2013, 4:11 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: