*
baco dulu cik..
PELAYANAN PUBLIK, PEMBANGUNAN

BNPB Bakal Bangun Shelter Bencana di Bengkulu

Kabar Tobo Kito – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan BNPB akan menggiatkan pembangunan shelter di daerah rawan bencana alam, di antaranya di wilayah pantai barat Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, dan lainnya. Selanjutnya di bagian pantai selatan Jawa, Bali, Lombok, dan Flores.

Shelter dibangun sebagai antisipasi ancaman gempa dan tsunami serta mengurangi risiko atau dampak yang ditimbulkan. Pembangunan shelter dianggarkan pada 2013-2014. Namun, BNPB juga tidak menutup kemungkinan memfasilitasi pembangunan shelter bencana yang dilakukan oleh pihak swasta, pemerintah daerah, bahkan stasiun televisi (TV). Hingga saat ini, anggaran pembangunan shelter yang ditangani BNPB sebesar Rp 2 triliun. Untuk pembangunan shelter, BNPB bersama kementerian dan lembaga negara terkait beserta pemerintah daerah menyiapkan lokasi khusus untuk shelter, sehingga bisa mengevakuasi warga jika terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami.

“BNPB menyiapkan shelter dan bukit buatan untuk mengevakuasi para korban bencana itu. Kami juga mendorong masyarakat untuk membuat tempat vertikal untuk evakuasi di gedung maupun failitas umum lainnya, seperti tempat ibadah. Banyaknya lokasi evakuasi penting agar pengungsi tidak terpusat pada satu tempat, sehingga tidak terjadi kepadatan yang bisa menimbulkan banyak korban,” ujar Syamsul dilansir http://www.suarakarya-online.com dalam “Anggaran Penanggulangan Bencana Perlu Ditingkatkan”, Rabu (15/8/2012) (http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=309501).

Syamsul mengatakan, banyak daerah di Indonesia berada di jalur cincin api (daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami) serta rentan terhadap bencana banjir atau longsor. Untuk itu, pemerintah daerah (pemda), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, terutama di daerah yang rawan terhadap terjadinya bencana alam tersebut, seharusnya menyiapkan anggaran khusus secara rutin, khususnya terkait upaya antisipasi dan penanggulangan bencana, sehingga bisa meminimalkan dampak dan kerugian serta korban yang jatuh.

Anggaran juga diperlukan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami serta lebih waspada terhadap potensi bencana alam. Anggaran pun dibutuhkan untuk membangun infrastruktur maupun sarana dan prasarana terkait. “Hingga saat ini banyak pemda yang daerahnya rawan terhadap terjadinya bencana alam justru tidak mengalokasikan anggaran khusus. Alokasi dana untuk bencana alam rata-rata hanya 0,05 persen dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Itu pun dimasukkan sebagai anggaran biaya tidak terduga,” kata Syamsul.

Menurut Syamsul, baru dua pemerintah provinsi yang mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan bencana alam dalam APBD, yakni Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing Rp 100 miliar per tahun. Jadi, bukan memasukkannya dalam anggaran biaya tidak terduga. “Karena dalam pos biaya tidak terduga, penggunaannya juga bisa untuk menjamu tamu. Penggunaannya juga tidak fokus untuk penanggulangan bencana dan bisa untuk kegiatan lainnya. Di BNPB, alokasi dana untuk penanggulangan bencana nasional sekitar Rp 1 triliun pada tahun ini,” ujarnya. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: