*
baco dulu cik..
INFRASTRUKTUR, PARAWISATA, PEMBANGUNAN, Uncategorized

Bengkulu Tidak Dilirik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kabar Tobo Kito – Kendati telah menjadikan daerah pertama pencanangan Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu tidak melirik Bengkulu sebagai daerah yang akan dikembangkan sebagai detinasi wisata baru. 

Dilansir www.republika.co.id dalam “Kemenparekraf Kembangkan 16 Destinasi Wisata Baru”, Kamis (2/8/2012, 16:57 WIB) (http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/08/02/m84gz8-kemenparekraf-kembangkan-16-destinasi-wisata-baru), Kemenparekraf bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan mengembangkan 16 destinasi wisata baru di sejumlah provinsi. 

Fokus pengembangan 16 destinasi wisata tersebut meliputi Medan-Toba dan sekitarnya untuk daya tarik geowisata, Kepulauan Seribu untuk bahari, Jakarta dan sekitarnya untuk budaya-pusaka, Borobudur dan sekitarnya untuk budaya-pusaka, Bromo-Tengger-Semeru dan sekitarnya untuk ekowisata, dan Kintamani-Danau Batur dan sekitarnya untuk geowisata. 

Selain itu Menjangan-Pemuteran dan sekitarnya di Bali untuk bahari, Kuta-Sanur-Nusa Dua dan sekitarnya di Bali untuk bahari, Rinjani dan sekitarnya di NTB untuk ekowisata, Komodo dan sekitarnya di NTT untuk ekowisata, dan Ende-Kelimutu dan sekitarnya di NTT untuk ekowisata. 

Destinasi lain meliputi Tanjung Puting dan sekitarnya di Kalimantan Tengah untuk ekowisata, Toraja dan sekitarnya di Sulawesi Selatan untuk budaya-pusaka, Bunaken dan sekitarnya di Sulawesi Utara untuk bahari, Wakatobi dan sekitarnya di Sulawesi Tenggara untuk bahari, dan Raja Ampat dan sekitarnya di Papua Barat untuk bahari.

“Total fokus pengembangan destinasi wisata ada di 12 provinsi yang dikhususkan pada pemeliharaan, revitalisasi, dan beberapa di antaranya rintisan dan pembangunan seperti di Tanjung Puting, Wakatobi, dan Raja Ampat,” kata Mari. 

Sebagian besar destinasi yang dikembangkan merupakan wisata minat khusus yang menjadi salah satu program aksi untuk tiga tahun mendatang untuk terus dikembangkan. Menurut Mari, strategi promosi wisata minat khusus perlu semakin ditingkatkan karena potensinya yang semakin besar di mana diantaranya “trekking”, “snorkeling”, “diving”, dan golf. 

Menurut Mari, wisata minat khusus salah satunya harus didukung infrastruktur yang memadai terutama dalam hal peningkatan konektivitas. “Karena aspek ini menjadi kunci utama untuk mengembangkan wisata minat khusus dan meningkatkan jumlah wisatawan. Tentu diperlukan promosi untuk menggambarkan apa yang bisa dilakukan di destinasi-destinasi tersebut,” kata Mari.(**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

One thought on “Bengkulu Tidak Dilirik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  1. Baguslah itu… kalo dilirik nyo.. kelak ado setoran pulo untuk Pusat… Kini TUGAS Putra2 Bengkulu untuk memajukan Daerahnyo… ngapain bergantung pusat ? Hayo…!!! Bersama kita bisa … !!!

    Posted by Habibur Rohman Elgontory | 3 Agustus 2012, 9:38 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: