*
baco dulu cik..
PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN, PERHUBUNGAN

Jalan Lintas Barat Bengkulu Dibiarkan Terancam Putus

Kabar Tobo Kito – Jalan lintas barat Bengkulu di Desa Serangai, Kecamatan Batik Nau, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, terancam putus akibat abrasi air laut. Kondisi jalan lintas itu tinggal 1,5 meter dari lebar enam meter.

Kepala Balai Bina Marga Sumbagsel Bastian Sihombing mengatakan, pemeliharaan jalan itu sudah dianggarkan sejak tahun lalu, namun nyatanya tidak berjalan. Dana pemeliharaan jalan itu diambil dari perawatan dana jalan lintas Bintuhan-D1 Ketahun, mengingat jalan itu sudah dipelihara oleh perusahaan batu bara.

“Kalau tidak salah tersedia dana sekitar Rp 1,5 miliar pada 2011, dan sudah diperintahkan kepada satuan kerja perangkat daerah Provinsi Bengkulu untuk dialihkan ke jalan Serangai, namun nyatanya tidak,” ujar Bastian, dilansir http://www.republika.co.id dalam “Jalan Lintas Barat Bengkulu Terancam Putus”, Senin (23/7/2012, 09:16 WIB) (http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/07/23/m7lczu-jalan-lintas-barat-bengkulu-terancam-putus).

Sopir travel Bengkulu-Mukomuko Aswin, mengatakan, sebelumnya terdapat pagar pengaman pertanda jalan rusak, namun tidak ada lagi. Padahal kedalaman jurang dari badan jalan hingga air laut mencapai belasan meter. Aswin mengatakan, jalan tersebut memang tidak diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu. “Kami mohon jalan lintas itu diperbaiki untuk kenyamanan berkendaraan pada malam hari atau disediakan pos swakarsa, agar pengemudi tidak sampai terjebak,” ujar Aswin.

Kapolres BU AKBP. Asep Teddy Nurrasyah, S.Ik melalui Kasat Lantas AKP. Purwanto, HS mengungkapkan polisi akan mendirikan Pos Pengamanan menjelang Idul Fitri atau memasuki arus mudik kendaraan meningkat. “Di lokasi yang longsor akan kita pasang penerangan agar pengemudi yang baru sekali melintas tahu jika ada jalan yang berlubang besar,” kata Purwanto dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Abrasi, Jalinbar Tinggal 1,5 M”, Senin (23/7/2012, halaman 1).

Polisi juga akan memasang pagar pembatas jalan diantara lubang besar jalan yang abrasi. Pagar tersebut dibuat sebagai batas jalan yang bisa dilintasi kendaraan. “Kita sudah cek jalan itu, meskipun permukaan atasnya masih beraspal, jelas bawahnya sudah kosong, tanahnya sudah terjun ke jurang semua,” kata Purwanto.

Jalan yang beraspal justru keropos karena tanah di bawahnya sudah terjun ke laut. Di lokasi jalan yang longsor sudah terdapat batu-batu besar dan kawat bronjong yang kemungkinan besar untuk membangun jalan tersebut. Namun, belum ada pembangunan yang dilakukan untuk mengantisipasi abrasi semakin luas dan benar-benar membuat jalan putus.

Meski kondisi jalan sudah sangat memprihatinkan, sama sekali tidak ada upaya untuk membatasi kendaraan. Bahkan, truk-truk besar pengangkut batu bara tetap bisa melintas dengan cara konvoi. Jika hal ini terus terjadi, bukan tidak mungkin jalinbar tersebut akan putus total saat arus mudik yang bersamaan dengan meningkatkan jumlah kendaraan yang melintas. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: