*
baco dulu cik..
POLITIK

Anuar, Jadi Anggota DPRD Sejak 1982

Drs. H. Anuar Razali
foto: matololak/ID

Kabar Tobo Kito – Drs. H. Anuar Razali, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu telah menghabiskan setengah umurnya menjadi wakil rakyat. Suami Hj. Herawati yang dikarunia empat anak dengan enam cucu ini menjadi anggota dewan sejak 1982. “Usia saya sekitar 32 tahun, waktu pertama kali dipercayakan partai dan terpilih menjadi anggota dewan,” ujar Anuar dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Menjabat Enam Periode, di Parlemen Sejak 1982”, Senin (23/7/2012, halaman 13).

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) dipercayakan partai dan terpilih menjadi anggota DPRD Kotamadya Bengkulu selama dua periode, yakni 1982-1987 dan 1987-1992. “Saya dulu PNS di Pemerintah Kotamadya Bengkulu. Kalau dulu, masih boleh PNS bergabung dengan partai politik dan menjadi anggota dewan,” kata Anuar.

Setelah menjadi anggota dewan selama dua periode, Anuar sempat kembali berkerja sebagai PNS pada 1992 sampai 1997. Lalu, Anuar mengajukan pensiun dini. Pada tahun 1997, Anuar kembali mendapat kepercayaan dari Partai Golkar mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Kepercayaan partainya tidak sia-sia. Anuar kembali dipilih masyarakat untuk duduk menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu periode 1997-1999, 1999-2004, 2004-2009 dan periode 2009-2014.

“Sejak pertama kali saya dipercayakan menjadi anggota dewan, Alhamdulillah saya tidak pernah pindah-pindah partai. Sampai saat ini saya masih aktif di Partai Golkar. Mengapa saya hanya dua tahun pada 1997-1999, karena saat itu terjadi gerakan reformasi. Sehingga dilakukan pemilihan ulang. Alhamdulillah kembali terpilih,” ujar Anuar.

Ditanya kiatnya hingga bisa berkali-kali dipercayakan partai dan masyarakat, Anuar mengaku modal utama yakni jangan sesekali menjadi sombong dan bangga menjadi anggota dewan. Karena masyarakat sangat benci dengan orang yang seperti ini. Harus bisa menjaga hubungan baik dengan tetangga dan masyarakat, sekalipun telah terpilih menjadi anggota dewan.

Selain itu, harus mawas diri dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya. “Jangan merasa tinggi mentang-mentang jadi anggota DPRD. Karena masyarakat sangat benci. Biasa-biasa saja dan rajin ibadah dan berdoa. Bertanggung jawab dan laksanakan tugas sebaik mungkin. Saya kalau tidak sakit, selalu ke lapangan mengunjungi masyarakat,” kata Anuar.

Menurutnya, antara menjadi anggota dewan dulu dan menjadi anggota dewan sekarang jauh berbeda. Kalau dulu, siapapun yang menjadi anggota dewan, tidak ada mendapatkan jaminan biaya berobat seperti saat ini.

“Bahkan rumah saya sempat menyewa, karena belum punya rumah waktu jadi anggota dewan. Beda sekali dari sekarang. Karena memang aturannya saat itu yang mengatur. Kalau sekarang jauh lebih enak, karena itu sekarang orang berebut mau menjadi anggota dewan,” kata Anuar yang lahir di Mukomuko pada 17 Juli 1950.

Anuar mengakui perkembangan Provinsi Bengkulu sangat pesat dan berbeda jauh dibandingkan pada 80-an. Untuk kabupaten saja, dulu hanya ada tiga kabupaten dan satu kota, sekarang sudah mencapai 10 kabupaten/ kota. Namun yang berbeda juga, kualitas pembangunan infrastruktur serta kepatuhan terhadap peraturan.

“Kalau segi kualitas pembangunan infrastruktur, dulu jauh lebih bagus jiak dibandingkan sekarang yang terkadang terkesan asal-asalan. Selain itu, orang-orang takut melanggar hukum dan mengikuti aturan dan ini berbeda jauh dengan kondisi sekarang,” kata Anuar. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: