*
baco dulu cik..
LINGKUNGAN, PARAWISATA, PEMERINTAHAN

Diminta Berhenti, Pengusaha Batubara Abaikan Saja

Kabar Tobo Kito – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Bengkulu Eko Apriyanto mengatakan, sudah menyurati para pengusaha batu bara untuk menghentikan kegiatan bongkar muat batu bara di sekitar Pulau Tikus. Tetapi para pengusaha terlihat bandel, sehingga tetap melakukan bongkar muat batu bara di sekitar pulau Tikus. 

“Kami tetap berupaya agar kegiatan merugikan nelayan dan lingkungan itu berakhir karena pelabuhan Pulau Baai Bengkulu sudah siap melayani kapal berbobot besar,” kata Eko dilansir, www.kompas.com dalam “Bongkar Muat Batu Bara Rugikan Nelayan Bengkulu”, Minggu (22/7/2012, 03:59 WIB). (http://regional.kompas.com/read/2012/07/22/03594634/Bongkar.Muat.Batu.Bara.Rugikan.Nelayan.Bengkulu). 

Nelayan tradisonal di Kota Bengkulu mengeluhkan keberadaan kapal besar yang melakukan bongkar muat batu bara di sekitar Pulau Tikus. Pasalnya, kapal-kapal itu merusak habitat ikan. Menurut seorang nelayan di Kawasan Malabro Ruswan, sejak keberadaan kapal-kapal besar itu, hasil tangkapan berkurang. Kapal merusak terumbu karang, tempat ikan bersarang. 

Tidak hanya kerusakan terumbu karang, tapi tumpahan batu bara setiap melakukan kegiatan bongkar muat juga sudah mencemari perairan Pulau Tikus. Hal itu terbukti ketika mencari ikan dengan menggunakan tombak, pada dasar karang yang dulunya jernih sekarang menghitam oleh batu bara. “Kami melihat terumbu karang sebagian besar hancur akibat ditekan jangkar kapal-kapal besar yang beratnya mencapai puluhan ton,” kata Ruswan. 

Sebelum perairan sekitar Pulau Tikus yang terletak tiga mil dari pantai itu menjadi lokasi bongkar muat batu bara sejak tiga tahun lalu itu, penghasilan nelayan masih lumayan. Tetapi sekarang, penghasilan mereka jauh berkurang. “Kami mohon pemerintah daerah dan wakil rakyat menghentikan kegiatan pengusaha batu bara tersebut, karena pelabuhan pulau Baai sudah bisa dimasuki kapal berbobot besar,” ujar Ruswan. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: