*
baco dulu cik..
HUKUM, KESEHATAN, KRIMINAL, SOSIAL

Dipaksa Aborsi, Istri Muda Anggota Dewan Bakal ke Polisi

Kabar Tobo Kito – Istri muda oknum Anggota DPRD Bengkulu Utara S, My mengatakan berkemungkinan akan melaporkan tindakan S yang memaksa dirinya untuk menggugurkan kandungan (aborsi). Selain itu, My juga akan melaporkan masalah tindakan penganiayaan dan kekerasan dalam rumah tangga yang dialaminya.

Hanya saja, My belum memastikan kapan akan melaporkan kasus tersebut kepada polisi. “Saya masih sakit. Jadi belum tahu kapan bisa melapor,” kata My, dilansir Radar Utara dalam “Oknum Dewan Bisa Dipidana: Paksa Gugurkan Kandungan Bini Mudo”, Sabtu (21/7/2012, halaman 1).

Sebelumnya, My mengaku secara pribadi menginginkan agar janin di rahimnya dapat dipertanggungjawabkan S layaknya seorang ayah yang baik. My juga mengatakan, terlepas jadi atau tidak melapor, bila saja aparat kepolisian ingin menyelediki masalah tersebut, dia bersedia untuk memberikan kesaksian.

Aktivits perempuan sekaligus praktisi hukum Julisti Anwar, SH mengatakan aborsi merupakan tindakan hukum yang bisa diselidiki polisi kendati tidak ada laporan. Menurutnya, pasal 346 KUHP menyebutkan, seorang wanita yang sengaja menggugurkan atau mematikan kandungannya atau menyuruh orang lain untuk melakukannya, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Lalu, padal 347 KUHP ayat (1) menyebutkan, barang siap dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita tanpa persetujuannya, diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun. Sedangkan ayat (2) menyebutkan, jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

“Ini tidak bisa dibiarkan. Jangan sampai menular kepada masyaraka luas, terlepas nanti terbukti atau tidak, yang terpenting penegakan hukumnya dulu. Soal salah atau benar, biarkan pengadilan yang punya wewenang,” kata Julisti. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: