*
baco dulu cik..
HUKUM, KORUPSI, PEMERINTAHAN

Agus Istiqlal: Bisa Saja Murman Jadi Tersangka

Agus Istiqlal – Murman Efendi
Aspidsus Kajati Bengkulu – Bupati Non Aktif Seluma
foto: bengkuluekspress.com – wartanusantara.com

Kabar Tobo Kito – Aspidsus Kejati Bengkulu Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH tidak menampik adanya kemungkinan Bupati Seluma non aktif Murman Effendi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pakaian dinas atau seragam kuning di Sekretariat Pemda Seluma dengan nilai Rp 2,3 miliar pada 2007.

Agus mengatakan, semua yang berkaitan dalam sebuah kasus yang terindikasi korupsi, berpeluang menjadi tersangka. “Bisa saja Murman jadi tersangka kalau didukung bukti-bukti kuat. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan nanti,” kata Agus dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Murman Diperiksa di Rutan Cipinang”, Selasa (17/7/2012, halaman 1).

Pemeriksaan Murman tertunda dari jadwal semula, Senin (16/7). Tim penyidik harus mendapatkan izin dari Mahkamah Agung mengingat Murman sudah menjadi tahanan MA sejak menjalani sidang dan kini dalam proses menunggu putusan kasasi.

“Padahal, tim penyidik sudah mendapatkan izin dari pihak rutan dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Ternyata pak Murman adalah tahanan MA. Kami langsung mengirimkan fax surat perizinan ke MA. Kalau tidak ada halangan, setelah suratnya keluar, malam ini (tadi malam) akan dilakukan pemeriksaan, atau besok (hari ini 17/7),” ujar Agus.

Dalam pemeriksaan sejumlah saksi terkait pelaksanaan proyek tanpa melalui proses lelang itu terungkap, pelaksana proyek dipilih melalui penunjukan langsung (PL). Diduga proyek tersebut telah melanggar Keppres No. 80 Tahun 2003, tentang metode penunjukan langsung yang hanya dapat dilakukan dengan nilai proyek maksimum Rp 50 juta. Dugaan lainnya, satuan barang terindikasi tidak sesuai spesifikasi atau kualitas. Penyidik sedang mempelajari Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Rencana Anggaran Biaya yang dibuat oleh Sekda dan jajaran.

Menurut informasi, pemeriksaan Murman terkait dana proyek yang ditemukan lebih dari Rp 2,3 miliar. Itulah yang mendasari penyidik meminta konfirmasi dari Murman tentang temuan tersebut. Murman dinilai mengetahui tentang aliran dana proyek yang diduga diselewengkan tersebut. Pasalnya, jika lebih dari Rp 2,3 miliar, penyidik mempertanyakan kemana uang selebihnya. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: