*
baco dulu cik..
HUKUM, KORUPSI

Proyek Lampu Jalan Rp 24,57 M Terindikasi Gagal Total

Kabar Tobo Kito – Proyek pengadaan jaringan lampu jalan tahun 2007 senilai Rp 24,57 miliar terindikasi mengalami total lost atau gagal total. “Indikasi total lost itu akan terbukti di penghujung penyidikan. Namun indikasi-indikasinya mulai terkuak. Sebagaimana kondisi fisik lampu jalan yang masuk dalam daftar proyek ini, diduga bahannya tidak sesuai spesifikasi,” ujar Aspidsus Kejati Bengkulu Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Kejati Periksa Panitia Pengadaan”, Selasa (3/1/2012, halaman 1).

Agus menerangkan, indikasi dugaan total lost ditimbang berdasarkan azaz manfaat. Selama sebuah proyek tidak dapat dimanfaatkan atau malah tidak bermanfaat, dapat disebut proyek tersebut gagal total. “Hasil proyek tidak memuaskan, lalu terbengkalai karena tidak ada yang mau tanggung jawab karena hasilnya itu. Akibatnya hancur, tidak pernah dirasakan manfaatnya. Itulah yang terjadi,” kata Agus.

Pengadaan proyek meliputi 14 lokasi. Namun setelah addendum atau perubahan, menjadi 18 lokasi pembangunan jalan. Perencanaan proyek dilakukan oleh PT Metromedia Elneka Engineering. Dalam pelaksanaannya, perencanaan yang dibuat PT Metromedia digunakan sepenuhnya oleh panitia pengadaan.

“Semua harga dan spesifikasi sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh PT Metromedia. Kami masih menelusuri sejauh mana spek yang termasuk dalam lelang proyek tersebut. Masyarakat boleh menilai, ada beberapa tiang lampu yang baru beberapa tahun dibuat sudah tak berbentuk lagi. Bukan karena dirusak, tapi rusak sendiri karena karatan,” kata Agus.

Adapun panitia yang diperiksa adalah Rasiawan, SE (wakil ketua pengadaan) dan tiga orang anggota, Drs. Amran Rahmad, Burhanudin, ST dan Akhmad Jauhari. Lalu, bendahara proyek, Rosdiana. Sementara satu saksi, Abdul Manaf tidak hadir tanpa keterangan. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

One thought on “Proyek Lampu Jalan Rp 24,57 M Terindikasi Gagal Total

  1. Ya harus di usut itu mungkin ada indikasi kriminalitas pidana, agar kiranya ada pertanggungjwbn atas uang negara yg sangat besar tersebut. kasihan uang pajak rakyat terbuang percuma.

    Posted by Zaidan | 3 Juli 2012, 8:54 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: