*
baco dulu cik..
EKONOMI, PEMBANGUNAN

Bengkulu Dapat Rp 17 M Untuk Bantu RTSM

Kabar Tobo Kito – Provinsi Bengkulu mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 17 miliar bersumber dari APBN untuk membantu Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) melalui program keluarga harapan (PKH). Data Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi, RTSM yang menjadi sasaran program tersebut sebanyak 13.120. Di Kota Bengkulu sebanyak 7.130 RTSM dengan total bantuan Rp 9 miliar, Bengkulu Utara 4.500 RTSM dan Seluma 1.500 RTSM dengan bantuan Rp 8 miliar.

“Di Bengkulu Utara dan Seluma, PKH sudah berjalan duluan. Dananya sudah lebih dulu cair dari pusat. Khusus yang Kota Bengkulu, masih proses,” kata Kepala Diskesos Provinsi Rudi Perdana, SE, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Warga Miksin Kota Terbanyak Terima PKH”, Kamis (28/6/2012, halaman 13).

Rudi menerangkan, PKH adalah suatu program yang memberikan bantuan tunai kepada RSTM. Syarat penerima PKH adalah keluarga miskin yang anggota keluarganya terdiri dari anak usia 0-15 tahun atau ibu hamil/nifas dan berada pada lokasi terpilih. Penerima bantuan adalah lbu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada rumah tangga yang bersangkutan (jika tidak ada lbu maka nenek, tante/ bibi, atau kakak perempuan dapat menjadi penerima bantuan).

Pada kartu kepesertaan PKH pun akan tercantum nama ibu/wanita yang mengurus anak, bukan kepala rumah tangga. Untuk itu orang yang harus dan berhak mengambil pembayaran adalah orang yang namanya tercantum di Kartu PKH. Besaran bantuan pada masing-masing keluarga berbeda, tergantung pada keaadaan dan anggota keluarga RSTM.

Rata-rata bantuan per RTSM Rp 1,39 juta. Sedangkan bantuan minimum per RTSM Rp 600 ribu dan bantuan maksimum Rp 2,2 juta. Rinciannya, bantuan tetap Rp 200 ribu, jika memiliki anak usia di bawah 6 tahun akan mendapat Rp 800 ribu, ibu hamil/menyusui  Rp 800 ribu, anak usia SD/MI Rp 800 ribu, anak usia SMP/MTs Rp 800 ribu. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

One thought on “Bengkulu Dapat Rp 17 M Untuk Bantu RTSM

  1. Berikan ikan, jangan kail’y. Kemandirian masyarakat bukan lagi tujuan.

    *halah, koq aneh*

    Posted by Darjo | 28 Juni 2012, 4:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: