*
baco dulu cik..
HUKUM, PELAYANAN PUBLIK, PERHUBUNGAN, PERTAMBANGAN

Class Action, Bukti Serius Perjuangkan Hak Masyarakat

Dr. Elektison Somi, SH.,M.HUm Sekretaris Program Pasca Sarjana Universitas Bengkulu
foto: menggagaside.blogspot.com

Kabar Tobo Kito – Rencana Yayasan Lembak dan elemen lain melakukan class action kepada pemerintah merupakan bukti masyarakat serius berjuang memulihkan hak-haknya. Class action memang perlu dilakukan karena berbagai upaya non-hukum seperti aksi demonstrasi dan hearing relatif tidak efektif. Untuk itu, warga yang merasa dirugikan oleh kerusakan jalan akibat pembiaran truk batubara melewati jalan tidak sesuai dengan kelas jalan dan jalur dinilai harus memberikan dukungan.

“Masyarakat harus berterima kasih dan harus beri apresiasi ada elemen yang berani memperjuangkan hak-hak masyarakat. Dengan melakukan class action, berarti Yayasan Lembak dan elemen lainnya telah mewakili masyarakat untuk berjuang memulihkan hak memperoleh jaminan keamanan dan kenyamanan menggunakan fasilitas umum,” kata Sekretaris Program Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Bengkulu Dr. Elektison Somi, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Elektison: Rencana Class Action Harus Didukung”, Rabu (20/6/2012, halaman 14).

Bila class action dimenangi, pemerintah dan perusahaan akan diwajibkan memperbaiki kerusakan jalan dan membuat jalan khusus angkutan batubara. “Begitu pula terkait dugaan pencemaran DAS Bengkulu yang dilakukan perusahaan tambang batubara. Kalau ada elemen masyarakat melakukan class action dan ternyata nantinya menang, maka pemerintah dan perusahaan wajib memperbaiki kerusakan DAS Bengkulu dan memulihkan kualitas air DAS Bengkulu. Karena untuk kepentingan masyarakat, maka class action tidak boleh menuntut pembayaran gantirugi,” kata Elektison.

Sementara itu, dalam “Pansus Stop Hauling Batubara PT IRSA”, Rabu (20/6/2012, halaman 27), Rakyat Bengkulu melansir Pansus Pertambangan DPRD Bengkulu Utara menghentikan aktivitas lalulintas batubara atau hauling PT. Indonesia Riau Sri Avantika (IRSA). Penghentian dilakukan karena PT IRSA tidak membangun jalan sepanjang 14 Km yang dilintasinya sesuai isi MoU yang ditandatangani IRSA dan Bupati Bengkulu Utara Dr. H. Imron Rosyadi.

PT IRSA sebelumnya dinilai sudah melanggar analisis mengenai dampak lingkunan (AMDAL) dengan tidak membuat jalan khusus hauling batubara dan menggunakan jalan desa sepanjang 28 Km. Pemda BU memberi jalan tengah agar PT IRSA membangun 14 Km jalan desa dan sisinya dibangun Pemda BU.

Lalu, dalam “Warga Protes Truk Batubara”, Rabu (20/6/2012, halaman 30), Rakyat Bengkulu melansir warga Desa Pulau Panggung Kecamatan Bengkulu Tengah memprotes truk batubara yang melewati ruas jalan di desa telah mengakibatkan banyak debu berterbangan. “Hampir 2 tahun kami makan debu, janji rutin penyiraman jalan tidak terlaksana lagi. Sekarang mohon kesadarannya untuk segera diaspalkan jalan kami atau tertibkan truk batubara,” kata tokoh masyarakat setempat Aguswanto. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: