*
baco dulu cik..
HUKUM, KRIMINAL, PERHUBUNGAN

Warga Binduriang Masih Jaga Tiga Titik Pemblokiran Jalan

H. Suherman, SE, MM  
Bupati Rejang Lebong
foto: rejanglebongkab.go.id

Kabar Tobo Kito – Meski Polda Bengkulu telah memenuhi semua permintaan warga, situasi di Kecamatan Binduriang Rejang Lebong hingga pukul 23.00 WIB Senin (18/6) masih mencekam. Warga masih melakukan penjagaan di titik-titik jalan lintas Curup – Lubuk Linggau yang sempat diblokir.

Dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Fuso Dibakar Warga”, Selasa (19/6/2012, halaman 1), setidaknya ada 3 titik pemblokiran. Mulai dari simpang Desa Bengko Kelurahan Beringin Tiga, Desa Pelalo, Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Sindang Kelingi, Dusun Gardu dan pusat pasar Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang. Pemblokiran jalan dilakukan warga dengan cara menumbangkan pohon. Batu-batu besar yang sengaja dilintang di badan jalan. Termasuk kulit kopi kering yang dibakar.

Setelah membakar Pospol Taba Padang, sekitar pukul 06.30 WIB, Senin (18/6), massa membakar truk fuso bermuatan karet mentah yang identitas pemiliknya belum diketahui. Truk dibakar lantaran berupaya menerobos jalan yang diblokir warga di kawasan Desa Pelalo.

Bupati Rejang Lebong H. Suherman, SE, MM memerintahkan para camat dan kades setempat melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat. Ia berharap masyarakat tidak membuat situasi di Lembak semakin memanas. “Masyarakat harus menghentikan aksi pemblokiran jalan karena sangat merugikan masyarakat. Buktinya akses perekonomian terputus. Jelas ini berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Suherman.

Sementara itu, dalam “10 Motor Dikembalikan, Warga Buka Blokir Jalan”, Selasa (19/6/2012, halaman 1), Rakyat Bengkulu melansir sekitar pukul 22.00 WIB Senin (18/6), petugas dan warga sudah mulai melakukan pembersihan titik-titik jalan yang diblokir. Namun, pengendara belum berani melintas. Meski suasana mulai kondusif, warga masih was-was melewati kawasan Lembak. Untuk menuju Lubuk Linggau, pengendara dari Kota Bengkulu dan Curup melewati Kepahiang – Pagar Alam.

Personel Polres Rejang Lebong dan Brimob Polda Bengkulu tetap disiagakan di Polsek Sindang Kelingi, lokasi terdekat dari pemblokiran jalan yang dilakukan warga. Kapolda Bengkulu Brigjen Burhanuddian Andi mengatakan tidak akan menari pasukan dari titik siaga di Polsek Sindang Kelingi selagi aksi blokir jalan oleh warga Kecamatan Binduriang masih dilakukan.

Dia mengaku, masih mengupayakan penghentian pemblokiran jalan melalui negosiasi dengan tokoh masyarakat Lembak. “Mudah-mudahan berjalan lancar dan tidak menemui kendala. Tadi perwakilan tokoh masyarakat Lembak sudah siap membantu penghentian pemblokiran,” kata.

Ditanya apa yang akan dilakukan polisi jika warga tetap memblokir jalan, Burhanuddin tidak menanggapinya. Dia mengatakan, malam sebelum aksi pembakaran truk bermuatan karet, kondisi sudah normal. Tidak ada lagi pemblokiran jalan yang dijaga ketat puluhan warga. “Itu sesuai kesepakatan kami. Kami yakni situasi kembali kondusif,” kata Burhanuddin. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

3 thoughts on “Warga Binduriang Masih Jaga Tiga Titik Pemblokiran Jalan

  1. la gilo lembak kooooooo

    Posted by fakih | 19 Juni 2012, 2:06 pm
  2. kalau agama sdh jauh dari kehidupan kita… berkah dan rasa aman juga dicabut dari negri tersebut… tinggal masyarakat dan seluruh elemen masyarakat instrofeksi..salam

    Posted by adji | 19 Juni 2012, 10:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: