*
baco dulu cik..
PENDIDIKAN

Lukman, Orang Bengkulu Yang Jadi Kepala LIPI

Prof. Lukman Hakim M.Sc, Ph.D, Apt
foto: kompas.com

Kabar Tobo Kito – Ternyata, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Lukman Hakim M.Sc, Ph.D, Apt yang resmi dilantik menggantikan Prof. Dr. Umar Jenie oleh Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata di Jakarta pada Senin (14/6/2010) adalah orang Bengkulu. Lukman dilahirkan pada 23 Sepetember 1953 di Curup (Rejang Lebong).

Dilansir http://www.technology-indonesia.com dalam “Prof Lukman Hakim Jabat Kepala LIPI”, lukman Hakim yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala LIPI (sejak 25 Agustus 2003) ini memiliki rentang karir cukup lama di LIPI. Jabatan sebelumnya antara lain Deputi Ketua LIPI bidang Jasa llmiah (2001-2003) dan Direktur Kebijakan Pengembangan dan Penguasaan Teknologi BPP Teknologi (1998-2001). Sedangkan jabatan fungsionalnya adalah Profesor Riset bidang Studi Kebijakan llmu Pengetahuan dan Teknologi yang diraihnya pada 2003.

Sementara itu, http://www.antaranews.com dalam “Lukman Hakim Dilantik Jadi Kepala LIPI”, Senin (14/6/2010, 17:12 WIB) melansir, Lukman yang merupakan lulusan Fakultas MIPA UI pada 1979 meraih gelar master dalam ilmu kebijakan di Universitas Tokyo, Jepang, dan meraih gelar doktor untuk studi kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi di universitas yang sama pada 1993.

Suami Jullie L Hakim dan memiliki dua orang anak ini juga merupakan dosen program pasca sarjana farmasi FMIPA UI dan dosen di berbagai universitas lainnya serta berkali-kali menjadi konsultan di industri kimia. Lukman yang juga tergabung sebagai anggota Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia ini telah menghasilkan 60 tulisan dalam bentuk buku, prosiding dan jurnal ilmiah dalam bahasa Indonesia dan Inggris serta artikel ilmiah di banyak majalah dan surat kabar.

Lukman, seperti dilansir www.ipsk.lipi.go.id dalam “Kemandirian: Kunci Sukses Peneliti, sejak di bangku kuliah aktif berorganisasi dan bahkan sempat menjadi Ketua Umum Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) (1977-1978). Menuntut ilmu hingga ke liang lahat menjadi motivasi terbesarnya untuk terus belajar. Studi hingga jenjang S3 telah diselesaikannya dengan sukses. “Sesuatu yang umum diperlukan untuk menghubungkan berbagai hal yang telah terspesialisasi. Oleh karena itu, saya mengambil studi yang bergerak dari ranah khusus ke umum,” kata Lukman.

Berkat kegigihannya, ia berhasil memenangkan Research Assistance for ASIAN Scholars (RAPAS Fellowship) sehingga menjadi research fellow pada Japan Institutes of International Affairs pada 1988. Keberhasilan tidak lantas membuatnya mudah berpuas diri. Ia terus gigih dalam penelitian sehingga pada tahun 1990-1992, ia menjadi fellow pada Japan Indonesia Science and Technology Forum.

Pria yang memiliki hobi fotografi ini menyampaikan sebuah pesan untuk para peneliti. “There is no man in all seasons,” tegas Lukman. Ia menginginkan agar para peneliti mampu menjadikan peneliti sebagai profesi yang berwibawa. Peneliti harus disiplin di jalur kajiannya dan berhati-hati ketika memberikan pernyataan, terutama pernyataan yang berkaitan dengan kepentingan publik. “Sebuah kebanggaan ketika peneliti berhasil menjaga integritasnya,” kata Lukman.

Lukman sempat mengunjungi Desa Sengkuang belum lama ini. Di dalam facebooknya, Lumkan sempat menceritakan kalau dia mengenyam pendidikan pertama kali di SD di Desa tersebut. Dia juga menilai kondisi SD tersebut sudah jauh lebih bagus dibandingkan sewaktu dia bersekolah di sana. Kala itu, SD tersebut berhalaman tanah dan berdinding papan. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

One thought on “Lukman, Orang Bengkulu Yang Jadi Kepala LIPI

  1. Selamat pak Lukman, saya masih ingat anda mimpin Demo di kawasan Salemba tahun 78. Saya baru saja ke Jakarta waktu itu. Sudah tahu anda anak Bengkului dari paman2 saya yg juga aktivis… Bravo and keep spirits and amanah…

    Posted by Zaidin Zaenal | 6 Juni 2012, 10:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: