*
baco dulu cik..
EKONOMI, PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN

Salurkan Raskin Bisa Bangun Imej Peduli Orang Miskin

Kabar Tobo Kito – Pengamat Ekonomi Bengkulu Handoko Hadiyanto, Ph. D berpendapat, penambahan jumlah rumah tangga sasaran beras miskin (raskin) kurang bagus bila ditinjau dari aspek pembangunan. Karena menunjukkan ada ketidakberesan dalam pembangunan. Namun penilaian tersebut bisa dikesampingkan karena penyaluran raskin bisa dimanfaatkan untuk kepentingan politis.

“Menjelang pemilihan kepada daerah itu kan biasanya orang suka bagi-bagi bantuan untuk memperoleh suara. Sehingga, penyaluran raskin itu bisa saja dimanfaatkan untuk membangun imej peduli terhadap orang miskin. Terutama bagi masyarakat miskin yang sebelumnya tidak mendapatkan raskin,” kata Handoko yang juga Direktur Program Magister Perencanaan Pembangunan Unib, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Ditambah, Raskin Kota Rentan Dikaitkan Politis”, Senin (4/6/2012, halaman 14).

Menurut Handoko, penyaluran raskin bisa membuat iklim ekonomi menjadi tidak sehat. Selain bisa memicu masyarakat menjadi malas atau kurang produktif, juga bisa menumpulkan kreativitas masyarakat. Harusnya, seorang pemimpin berupaya keras untuk mendorong masyarakat agar produktif dan kreatif. Budaya kurang produktif dan kurang kreatif itu akan menghambat kemajuan daerah,” kata Handoko.

Direktur Azam Community M. Prihatno mengatakan, penambahan RTS raskin tersebut sarat nuansa politis. Kalau saja benar terjadi, Prihatno menilai, sangat tidak terpuji. “Itu memalukan. Jadi, kalau itu (penambahan raskin) disengaja untuk kepentingan politis, bisa dikatakan Pemkot telah menghina masyarakat Kota Bengkulu,” kata Prihatno. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: