*
baco dulu cik..
BUDAYA, PARAWISATA

Usulkan Bangun Kampung Tabot Untuk Tarik Turis

Kabar Tobo Kito – Pengamat Budaya Bengkulu Drs. Agus Setyanto, M. Hum mengusulkan agar Pemda membangun kampung Tabot untuk memaksimalkan aset seni dan budaya Tabot untuk menarik wisatawan. Para pelaku tradisi Tabot dan masyarakat di kampung tabot didorong untuk berkreativitas menghasilkan beragam produk terkait Tabot. Seperti miniatur tabot, dol atau lainnya. Bila perlu, pemerintah bisa mengagendakan prosesi budaya tabot (bukan untuk kepentingan ritual) setiap bulannya.

“Kesempatan wisawatan untuk mengenal dan menyaksikan budaya tabot tidak hanya pada 1-10 muharram. Jadi, pada even-even lain yang diselenggarakan pemerintah, wisatawan juga bisa berkesempatan mengenal dan menyaksikan budaya tabot. Kalau selama ini kan tidak, kesempatan wisatawan tersebut hanya satu kali dalam satu tahun,” kata Agus, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Tarik Turis Tak Cukup Dengan Festival Tabot”, Senin (28/5/2012, halaman 14).

Agus menilai langkah membangun kampung tabot lebih strategis daripada meminta bantuan dana dari pemerintah pusat yang digunakan hanya untuk memaksimalkan pelaksanaan festival tabot pada 1 – 10 muharram. Apalagi, belum tentu setiap tahun pemerintah pusat bersedia mengucurkan bantuan.

“Kalau pun dibantu, peran pemerintah daerah juga harus dikurangi. Biarkan masyarakat atau swasta yang mengelolanya. Peran pemerintah cukup memfasilitasi dan melakukan pengawasan. Lagi pula pemerintah daerah jangan terlalu berharap dengan bantuan pemerintah pusat. Sebab, akan menimbulkan ketergantungan. Kalau sudah ketergantungan, imbasnya bisa sangat tidak baik,” kata Agus. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: