*
baco dulu cik..
EKONOMI, PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN

Pemda Kota Dinilai Tidak Pro Poor

Kabar Tobo Kito – Penyaluran beras miskin (raskin) merupakan program pemerintah pusat. Bertambahnya penerima raskin di Kota Bengkulu dinilai sebagai indikasi Pemda Kota tidak pro poor (orang miskin) dalam mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kalau pemerintah pusat menambah jumlah sasaran, itu berarti kepedulian atau keberpihakan Pemda Kota kepada masyarakat miskin masih rendah. Bila kepedulian Pemda Kota tinggi, tidak mungkin pemerintah pusat akan menambah jumlah sasaran raskin,” kata Presiden BEM Unib Hendra Irawan dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Walikota Harus Berani Tolak Bantuan Raskin”, Minggu (3/6/2012, halaman 13).

Hendra mengatakan, tidak pro poor tersebut wajar terjadi. Hampir seluruh APBD Kota dialokasikan untuk kepentingan PNS. Kalaupun ada dialokasikan untuk pembangunan, sasaran tidak tertuju khusus masyarakat miskin. Melainkan untuk masyarakat secara umum dan PNS.

“Bertambahnya sasaran raskin itu merupakan fakta bahwa jumlah masyarakat yang tingkat kesejahteraannya rendah sehingga harus diberikan bantuan raskin bertambah. Dengan kata lain, itu menunjukkan tingkat kesejahteran masyarakat miskin sudah semakin merosot,” kata Hendra.

Hendra juga meminta Pemda Kota perlu meninjau ulang rencana memberikan tunjangan daerah (TD) kepada seluruh PNS di lingkungan Pemda Kota. Lalu, dana yang akan dialokasikan untuk membiayai pemberian TD dialokasikan untuk mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat miskin.

“Boleh saja Pemda Kota memberikan TD. Tapi yang mesti diperhatikan adalah aspek kemendesakan atau prioritasnya. Mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat miskin atau bahkan mengurangi angka kemiskinan harus menjadi prioritas pemda daripada meningkatkan kesejahteraan PNS yang tergolong sudah sejahtera,” kata Hendra. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: