*
baco dulu cik..
BUDAYA, EKONOMI, PARAWISATA

Minta Menteri Dukung Tabot Jadi Even Internasional

Kabar Tobo Kito – Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu ke Bengkulu akan dimanfaatkan Pemda Provinsi untuk meminta dukungan terhadap perayaan ritual dan festival Tabot. Permintaan itu akan disampaikan dalam paparan Plt. Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S. Ag, M. Pd mengenai potensi pariwisata Provinsi Bengkulu di Gedung Daerah pada Sabtu malam (26/5).

“Harapan kami, menteri malah bisa membantu sehingga perayaan ritual dan festival Tabot bisa menjadi even internasional. Kalau belum bisa pada tahun ini, setidaknya dimulai tahun depan. Kita akan sampaikan bahwa Tabot di Bengkulu ini jauh berbeda dibandingkan tabuik di Padang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu Drs. Darusallam didampingi Kabid Kebudayaan Drs. Alcala Zamora dan Kasi Kebudayaan dan Nilai-nilai Tradisional Arif Firman, dilansir Rakyat Bengkulu dalam “Minta Menteri Dukung Tabot”, Jumat (25/5/2012, halaman 13).

Perayaan ritual dan festival Tabot telah tercatat dalam agenda event pariwisata nasional. Namun, bantuan pemerintah pusat melalui kementerian selama ini belum maksimal. “Boleh dikatakan selama ini dukungan yang diberikan belum maksimal. Hanya membantu promosi. Nah, moment kedatangan Ibu Menteri Marie Elka Pangestu ini akan kita (Pemda) manfaatkan untuk menyampaikan permintaan tersebut,” kata Darusallam.

Mengenai pelaksanan festival pada tahun ini, APBD Provinsi 2012 telah menganggarkan Rp 500 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu dan lomba seni dan budaya etnis nusantara. Mengenai hibah untuk ritual Tabot, Pemprov tidak akan memberikan karena tanggung jawabnya telah diserahkan kepada Pemda Kota. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: