*
baco dulu cik..
HUKUM

MA Segera Sanksi Hakim Bengkulu

Kabar Tobo Kito – Mahkamah Agung segera menjatuhkan sanksi terhadap hakim yang bertugas di PN Bengkulu, Binsar Goeltom. Binsar dinilai melanggar surat edaran Ketua MA tentang larangan bagi hakim mendaftar sebagai calon hakim agung dengan menggunakan jalur nonhakim atau memakai jalur akademisi.

Binsar mengikuti seleksi calon hakim agung ke Komisi Yudisial (KY) menggunakan jalur akademisi. Binsar mengikuti seleksi hingga tahap akhir, tetapi gagal dalam wawancara terbuka.Ketua MA Hatta Ali mengemukakan hal tersebut di Media Center MA, dilansir www.kompas.com dalam “Dua Hakim Segera Dijatuhi Sanksi”, Rabu (23/5/2012, 22:18 WIB). Selain Binsar, MA juga akan memberikan sanksi hakim yang bertugas di PN Sidoarjo Edy Parulian Siregar.

Saat pendaftaran dimulai dan para hakim tersebut mengajukan diri bersama empat hakim lain. Harifin A Tumpa menerbitkan larangan bagi hakim karier yang tidak diusulkan MA mengikuti seleksi. Rapat pimpinan MA memutuskan, tiap hakim yang mendaftarkan diri dengan menggunakan jalur nonkarier harus melepaskan jabatannya sebagai hakim.

“Dua hakim ini terus sampai pada pengumuman akhir dan tidak lulus. Itu salah apa tidak? Berarti kan kedua orang ini tidak patuh. Sudah ada surat dari Ketua MA, tetapi tidak patuh. Sedangkan hakim harus punya kedisiplinan yang tinggi, harus patuh terhadap ketentuan yang berlaku,” tutur Hatta.

Dua hakim tersebut, tambah Hatta, tidak memenuhi persyaratan yang diatur dalam Undang-Undang MA. UU MA mensyaratkan calon hakim agung setidaknya memiliki pengalaman 20 tahun, termasuk tiga tahun menjadi hakim tinggi. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: