*
baco dulu cik..
EKONOMI, PERKEBUNAN

Sawit Sumatera Barat dan Jambi Turunkan Harga Sawit Bengkulu

Kabar Tobo Kito – Pasokan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dari wilayah Sumatra Barat dan Jambi telah mengakibatkan harga beli di tingkat petani di daerah Mukomuko dan Bengkulu Utara. Hingga saat ini harga kelapa sawit pada tingkat petani terus menurun menjadi Rp 1.180 dari sebelumnya Rp 1.500 per kilogram.

Sedangkan pasokan sawit dari luar Bengkulu terus meningkat. “Kami khawatir daya tampung pabrik CPO di Bengkulu melebihi kapasitas, sehingga berdampak harga pada petani yang selama sudah cukup membaik,” kata Ketua Asosiasi Kelapa Sawit Bengkulu Khairul Siregar, dilansir www.antaranews.com dengan berita berjudul “Pabrik CPO Bengkulu Kewalahan Tampung Bahan Baku” (Sabtu, 19/2012, 23:55 WIB).

Pasokan TBS kelapa sawit dari wilayah Sumatra Barat dan Jambi juga telah mengakibatkan pabrik pengolahan kelapa sawit di Bengkulu kewalahan. Khairul juga mengatakan, dalam sepekan terakhir setiap hari terjadi penurunan harga buah kelapa sawit, sehingga petani pada umumnya mengeluh.

“Bila harga buah kelapa sawit pada tingkat petani mencapai Rp1.000,- per kilogram akan mengancam penghasilan petani sawit di daerah itu dan kebun petani akan terbengkalai, ujar Khairul. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,742 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: