*
baco dulu cik..
HUKUM, PEMERINTAHAN, POLITIK

Agusrin Bisa Diikuti Ratusan Kepala Daerah

Kabar Tobo Kito – Jejak Agusrin M. Najamudin yang menggugat Keputusan Presiden ke PTUN bisa diikuti ratusan kepala daerah yang tersangkut kasus hukum. Data yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri, ada sekitar 200 kepala daerah yang tersangkut kasus hukum dalam tujuh tahun terakhir.

“Mau tidak mau, kalau ada putusan sela PTUN seperti ini (kasus Agusrin), ya ini bisa menjadi preseden baru dalam hukum,” kata Mendagri Gamawan Fauzi di sela-sela peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional III Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tahun 2012 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (16/5/2012), dilansir www.kompas.com (Rabu,16/5/2012).

Gamawan mengatakan, ada beberapa bupati atau wali kota yang tengah mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung, seperti Bupati Subang. Namun, mereka belum membawa kasus ini ke PTUN. Gamawan mengatakan, pemerintah akan mendalami dan menanggapi hal ini secara hati-hati. Saat ini, pemerintah akan menunggu putusan PTUN.

www.mediaindonesia.com (Rabu/16/5/2012) juga melansir, Gamawan mengatakan, pemerintah akan berhati-hati dalam mengeluarkan putusan pemberhentikan kepala daerah. “Karena, semua orang bisa membuat hal yang sama ketika dia divonis inkrah lalu PK, lalu PTUN itu tidak menutup kemungkinan. Karena itu kita akan sangat hati-hati ke depan karena ada sesuatu yang baru dalam hukum itu,” ujarnya.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sudah mengatur pemberhentian kepala daerah tanpa harus melalui usulan DPRD. Pasal 30 ayat 2 menyebutkan, kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan oleh Presiden tanpa melalui usulan DPRD apabila terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. (**)

About matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu, yang bersifat nirlaba. Salah bentuk kecintaan terhadap Provinsi Bengkulu, matololak membangun blog Kabar Tobo Kito dengan menyeleksi, mengemas ulang dan mempublikasikan berita-berita yang diterbitkan oleh media massa dan media sosial.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Statistik

  • 107,746 hits

Fans Page Kabar Tobo Kito

Follow Kabar Tobo Kito on Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Menjadi teman di Facebook

Ketik alamat email anda untuk mengikuti berita terbaru dari Blog Kabar Tobo Kito

matololak

Matololak merupakan komunitas orang Bengkulu yang cinta Provinsi Bengkulu

%d blogger menyukai ini: